Berita Olahraga

Perwakilan Indonesia untuk Badminton Olimpiade Tokyo

Jika berbicara soal badminton, Indonesia merupakan salah satu negara yang menghasilkan banyak atlet badminton yang sangat hebat dan terampil.

Soal olimpiade, Indonesia selalu berhasil membawa pulang medali sejak tahun 1992 hingga 2016. Akan tetapi, Indonesia hanya gagal sekali membawa pulang medali pada tahun 2012.

Untuk Badminton Olimpiade Tokyo, Indonesia akan mengirimkan 7 atlet pilihan terbaik. Semua atlet badminton Indonesia sudah sampai di Jepang sejak pekan lalu.

Saat ini para atlet badminton Indonesia bergabung dengan kontingen Indonesia lain di kampung atlet Olimpiade Tokyo.

Berikut adalah daftar atlet Indonesia yang dikirimkan ke Badminton Olimpiade Tokyo.

1.Anthony Sinisuka Ginting

Anthony Sinisuka Ginting

Salah satu atlet berbakat yang menjadi andalan Indonesia dalam sektor tunggal putra dalam beberapa tahun terakhir ini. Untuk olimpiade kali ini, Anthony Ginting menjadi salah satu tulang punggung.

Sebagai pebulutangkis nomor 5 dunia ini, Ginting akan bersaing dengan dua pemain non unggulan di fase grup yaitu Gergely Krausz dan Sergey Sirant.

2.Jonatan Christie

Jonatan Christie

Pebulutangkis yang baru berumur 23 tahun ini merupakan pebulutangkis nomor 7 dunia yang kemungkinan akan dinantikan oleh Shi Yuqi di babak 16 besar dan ada Viktor Axelsen yang berpotensi jadi lawan di perempat final.

Jonatan juga mempunyai pengalaman bagus di ajang multi event dengan meraih emas SEA Games dan Asia Games.

3.Gregoria Mariska Tunjung

Gregoria Mariska Tunjung

Keistimewaan dari atlet yang satu ini adalah Gregoria Mariska Tunjung adalah satu-satunya perwakilan dari Indonesia  di sektor tunggal putri.

Gregoria merupakan seorang juara dunia junior 2017 yang saat ini menjadi atlet unggulan di Grup M yang didalamnya juga terdapat Lianne Tan dan Thet Htar Thuzar.

Gregoria akan berpotensi bertemu dengan Ratchanok Intanon di babak 16 besar dan akan disusul kemungkinan akan menghadapi Tai Tzu Ying jika mampu berhasil menuju ke babak perempat final.

4.Kevin Sanjaya Sikamuljo dan Marcus Gideon Fernaldi

Kevin Sanjaya Sikamuljo dan Marcus Gideon Fernaldi

Untuk sektor ganda, Indonesia mengirimkan Kevin Sanjaya Sikamuljo dan Marcus Gideon Fernaldi yang merupakan atlet yang menduduki peringkat satu di duinia sektor ganda putra sejak 2017 yang menjadi tumpuan Indonesia di Olimpiade.

Kedua atlet yang memiliki julukan The Minions ini tidak akan mudah perjalanannya yang tidak akan mudah karena akan bersaing dengan Lee Yang & Wang Chi-lin, Satwiksairaj Rankireddy & Chirag Shetty, dan Ben Lane & Sean Vendy di Grup A.

5.Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan

Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan

Pasangan yang memiliki julukan The Daddies yang merupakan pasangan nomor 2 dunia ini tergolong sudah berumur.

Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan akan menghadapi Choi Sol-gyu & Seo Seung-jae, Aaron Chia & Soh Woi Yik, dan Jason Ho-Shue & Nyl Yakura di Grup D.

Salah satu pelajaran yang dapat dipetik adalah ketika Ahsan dan Hendra gagal melaju dari fase grup Olimpiade 2016.

6.Greysia Polli dan Apriyani Rahayu

Greysia Polli dan Apriyani Rahayu

Pasangan nomor 6 dunia ini mempunyai lawan yang cukup keras yaitu Yuki Fukushima & Sayaka Hirota yang menjadi unggulan pertama di fase grup.

Selain itu, Greysia dan Apriyani juga dituntut untuk fokus dalah menghadapi Chow Mei Kuan & Lee Meng Yean dan Chole Birch & Lauren Smith di dua laga fase grup.

7.Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti

Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti

Pasangan ganda campuran yang merupakan juara All England 2020 dan saat ini menduduki peringkat 4 dunia, Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktaviani.

Pasangan ini akan bersaing dengan Yuta Watanabe & Arisa Higashino, Mathias Christiansen & Alexandra Boje, dan Simon Leung & Gronya Somerville di fase grup.

Itulah deretan atlet badminton perwakilan Indonesia untuk bertanding di Badminton Olimpiade Tokyo.

Anda mungkin juga suka...